Kamis, 30 Desember 2010

Software ERP yang opensource


Di jaman industri ini, banyak perusahaan baik lokal maupun interlokal yang telah menggunakan ERP sistem untuk memanage segala proses bisnis yang ada di dalamnya. Dan salah satu ERP yang semakin banyak dipakai adalah Compiere dan Adempiere. Compiere dikeluarkan oleh sebuah perusahaan bernama Compiere Inc, yang dalam waktu singkat telah mempunyai banyak turunannya yaitu OpenBravo ERP dan Adempiere. Compiere dibangun dengan bahasa pemrograman Java dan dapat dijalankan di berbagai platform OS antara lain Windows, Linux, Unix dan lainnya. Sehingga memudahkan para pengguna untuk mengaplikasikannya.
Selain itu, di dalam Compiere terdapat modul Application Dictionary untuk memodifikasi sesuai kebutuhan. Dalam modul tersebut, kita dapat dengan mudah menambahkan field,colum,form maupun window. Compiere dilengkapi dengan antar muka client-server dan web base yang dapat berjalan bersamaan, sehingga memudahkan akses oleh para user maupun admin nya.
Saat ini ada 4 versi produk Compiere, yaitu Versi Community (Free dan Opensource), Versi Standard (Subscription dan Opensource), Versi Profesional (Subscription dan Closed Source), dan Versi Cloud (Subscription dan Closed Source).
ADempiere merupakan salah satu software ERP (Enterprise Resource Planning) berbasis open source sehingga tidak berbayar namun dengan fitur yang cukup lengkap. Selain ADempiere, terdapat software ERP lain yang sama – sama tidak berbayar dan cukup populer, yaitu Compiere. Kedua software ini sama – sama dibangun dengan menggunakan Java J2EE, sehingga sama – sama dapat berjalan di berbagai platform seperti Linux, Solaris, dan Windows.
keuntungan yang bisa di dapat apabila mengimplementasikan ADempiere, terutama perusahaan menengah ke atas. Contohnya:
1. Implementasi cepat
2. Terintegrasi (ERP, CRM, dan Akunting dipicu dari transaksi yg sama),
3. Aman dari kegagalan (ketika ada kesalahan dalam system masih dalam kondisi aman)
4. Rich dan Reach (Sistemnya bisa Client/Server sehingga mudah dijangkau, misalnya lewat web)
5. Global Market (Memungkinkan kita melakukan kerja dengan bahasa berbeda, mata uang, dan metode akuntansi tergantung negara mana yang kita jadikan acuan)
6. Smart User Interface (tampilan lebih atraktif dan menarik)
7. Trus bisa support Postgre dan Oracle

Adempiere adalah proyek diprakarsai komunitas untuk mengembangkan dan mendukung solusi bisnis sumber terbuka dengan menyediakan fungsionaliatas sebuah Enterprise Resource Planning (ERP), Customer Relationship Management (CRM) dan Supply Chain Management (SCM). Proyek Adempiere didirikan bulan September 2006 sebagai tindak lanjut dari ketidaksepakan para pengembang Compiere™ dengan perusahan komersil dibelakangnya: ComPiere Inc. Pengembangan proyek Adempiere adalah murni open source menggunakan kode basis seputar proyek Compiere™.

Adempiere merupakan turunan dari Compiere, dikembangkan oleh programmer di berbagai dunia yang tergabung dalam komunitas ADempiere. Kelahiran Adempiere dipicu oleh kekecewaan komunitas terhadap Compiere Inc. sebagai perusahaan pemilik Compiere. kehebatan dan kelebihan Compiere, ditambah lagi dengan beberapa modul baru hasil sumbangan dari para kontributornya, modul modul itu adalah : Manufacturing Management (sumbangan dari Evolution – Mexico), Posterita (sumbangan Posterita), ZK WebUI (sumbangan Posterita), Fixed Asset, dan Human Resource Management.
Tapi ketika kita dihadapkan pada pertanyaan, Lebih baik menggunakan Compiere atau Adempiere ??? Sebelum mengambil keputusan, mari kita ulas telebih dahulu kelebihan dan kelemahan masing-masing, karena sekarang antara Adempiere dan Compiere sudah mulai berbeda.
Compiere 3 saat ini sudah tidak sepenuhnya free, karena sekarang dibagi menjadi 3 versi yaitu : Community Edition, Standard Edition, Profesional Edition
Di versi 3.0 ini, ada beberapa perubahan dan perbaikan perbaikan, yaitu
- Instalasi jauh lebih mudah
- Modul RMA
- Tambahan template Financial Report
- Perbaikan performa / kecepatan
- Perbaikan security
- Perbaikan dari segi tampilan
Namun untuk Community edition (yang masih free), ada beberapa kekurangan, yaitu:
- Tidak tersedia lagi WebUI (demikian juga dengan Standard edition)
- Tidak tersedianya PDF exporter (hanya ada versi demo, padahal ini penting sekali)
- Selain database EnterpriseDB, hanya bisa pakai Oracle XE (tidak bisa pakai oracle standard or Profesional)
Jadi jelas sekali kalau kita hanya menggunakan Community Edition, akan mengalami banyak keterbatasan.
Sedangkan Adempiere yang dikembangkan dari Compiere Versi 2.6.1 saat ini memiliki kelebihan2 sebagai berikut:
- Full Feature, anda akan mendapatkan fitur secara lengkap ditambah fitur fitur tambahan yang bahkan tidak ada di Compiere, seperti Posterita, Libero, dll
- Kita dapat menggunakan database PostgreSQL, Selain Oracle
- Dukungan support dari komunitas dan dokumentasi
Kekurangan Adempiere dibanding Compiere 3.0 diantaranya adalah:
- Adempiere adalah turunan dari 2.6.1 dimana performa kecepatannya lebih lambat dibanding Compiere 3.0
- Tidak ada versi berbayar (ini termasuk kelebihan atau kekurangan)
Sebetulnya masih banyak lagi perbedaan yang kalau ditulis satu persatu bisa sangat panjang. Dan tentu saja banyak pertimbangan pertimbangan yang dapat dipakai untuk menentukan mana yang terbaik untuk organisasi atau perusahaan masing-masing.
Umumnya, secara singkat cerita, kalau ada yang bertanya kepada saya apakah sebaiknya menggunakan Compiere atau Adempiere, maka saya akan balik bertanya:”Apakah anda berencana untuk membeli Subscribsion (Standard / Proffesional Edition) atau tidak?” Apabila perusahaan anda mempunyai budget untuk itu, tentu membeli subscribtion adalah pilihan yang bijaksana, toh masih lebih murah dari ERP propietary. Namun apabila jawabannya adalah “Tidak”, maka pilihan terbaik adalah menggunakan Adempiere.
So, bagaimana dengan Anda apakah akan memilih menggunakan Compiere atau Adempiere???

Tidak ada komentar: